Pengelola Perangkat Android
Google Android

Cara Mudah Mengaktifkan Pengelola Perangkat Android di Ponsel

Diposting pada

Cara Mudah Mengaktifkan Pengelola Perangkat Android di Ponsel – Tingkat keamanan atau security dari berbagai macam elektronik rupanya kini telah berkembang begitu pesat. Banyak alat keamanan yang sengaja dipasang di dalam alat elektronik agar terhindar dari kehilangan ataupun memudahkan pencarian. Salah satu alat elektronik yang telah dilengkapi degan sistem keamanan ialah smartphone atau ponsel pintar.

Pemasangan alat pendeteksi ini sengaja dilakukan karena banyaknya kasus kehilangan ponsel android yang marak terjadi di masyarakat. Apalagi, ponsel masih menjadi barang yang berharga bagi sebagian besar orang.

Android Device Manager atau yang biasa disebut dengan pengelola perangkat android merupakan fitur keamanan yang telah tersedia di smartphone milik Anda. Pengelola perangkat android yang satu ini memiliki banyak sekali kelebihan yang bisa Anda dapatkan dengan mudah.

referensi: Temukan Android saya

Jika Anda kehilangan atau lupa menaruh ponsel Anda, Anda bisa menderingkannya dengan menggunakan pengelola perangkat android dari jarak jauh. Bunyi dering yang dihasilkan juga cukup keras. Selain itu, Anda juga bisa menghapus berbagai macam data yang ada di dalamnya, mengunci secara otomatis, mengganti password, mengirim pesan dan yang lain sebagainya. Semua itu dapat dilakukan dari jarak yang jauh dan dengan menggunakan ponsel yang berbeda.

Namun yang harus Anda ingat ketika Anda ingin mencari perangkat yang hilang bahwa harus dipastikan perangkat tersebut tersambung dengan jaringan paket data ataupun WiFi. Tanpa adanya jaringan paketan data maupun WiFi maka pengelola perangkat android yang satu ini tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Tak hanya itu, rupanya akses lokasi yang ada di dalam ponsel pintar Anda juga harus diaktifkan untuk memudahkan pencarian. Dua persyaratan tersebut harus Anda penuhi agar nantinya Anda dapat mencari perangkat yang hilang dengan mudah dan cepat. Lalu bagaimana cara untuk mengaktifkan pengelola perangkat android yang satu ini? Berikut ini akan diberikan cara mudah untuk mengaktifkan pengelola perangkat android di ponsel pintar milik Anda.

Cara Mudah Mengaktifkan Pengelola Perangkat Android
Android Device Manager

Beberapa langkah pengaktifan Pengelola Perangkat Android

  1. Buka aplikasi setelan pada perangkat milik Anda;
  2. Pada bagian “Pribadi” pilih Google;
  3. Pada bagian “Layanan” pilih Keamanan;
  4. Pada bagian “Pengelola Perangkat Android” pilih ‘Cari lokasi perangkat ini dari jarak jauh’ ataupun ‘Izinkan mengunci dan menghapus dari jarak jauh’ untuk bisa mengaktifkan ataupun menonaktifkannya.

Sangat mudah bukan? Kehadiran dari pengelola perangkat android ini memang dirasa sangatlah penting apabila seseorang telah kehilangan ataupun lupa menaruh androidnya terakhir kali. Tetapi, agar Anda bisa menemukan perangkat Anda dengan mudah maka sangat penting bagi ponsel untuk terhubung dengan jaringan paket data ataupun WiFi. Selain itu, akses lokasi dari ponsel milik Anda juga harus diaktifkan agar Anda bisa mencarinya dengan mudah ketika kehilangan. Berikut ini akan diberikan cara mengaktifkan akses lokasi dalam ponsel Anda.

  1. Bukalah aplikasi Setelan yang ada di ponsel Anda;
  2. Pada bagian “Pribadi” pilih Lokasi;
  3. Pada bagian atas, pilih pengalih Aktif/Nonaktif

Cara untuk mengaktifkan akses lokasi juga bisa dibilang sangat mudah untuk dilakukan. Setelah Anda mengetahui beberapa cara di atas, sangat perlu bagi Anda untuk langsung mengaktifkan pengelola perangkat android yang ada di HP Anda.

Namun, walaupun sudah dilengkapi dengan pengelola perangkat android yang satu ini, kiranya Anda juga perlu memiliki kewaspadaan. Karena Andorid Device Manager juga memiliki kelemahan dimana perangkat tidak akan bisa dicari apabila tidak terhubung dengan jaringan internet seperti paket data ataupun WiFi.

Baca juga:

  1. Peran Internet of Things Dalam Kehidupan Sehari-Hari
  2. Cara Mudah dan Cepat Menginstal dan Memakai Ok Google di Smartphone Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.