Cara Mudah Menghilangkan Virus Pada Android Tanpa Antivirus

Diposting pada
Cara Mudah Menghilangkan Virus Pada Android Tanpa Antivirus
Robot Android
Cara Mudah Menghilangkan Virus Pada Android Tanpa Antivirus – Android memang memiliki banyak manfaat bagi sebagian besar orang. Selain hal tersebut rupanya android juga memiliki banyak kelemahan, salah satunya yaitu android sangat rentan terhadap serangan virus atau malware yang telah disisipkan pada aplikasi yang diinstal oleh pengguna android itu sendiri.

 

Ada berbagai faktor yang menjadi penyebab mudahnya virus masuk ke dalam sebuah android, yaitu seperti kurang ketatnya seleksi serta persyaratan aplikasi yang ada di GOOGLE PLAY STORE dan kemudahan dukungan dalam membuat sebuah aplikasi.

 

Dewasa ini, banyak sekali aplikasi anti virus yang menawarkan berbagai macam solusi untuk menghilangkan virus yang ada di dalam android milik Anda. Aplikasi penghapus virus android banyak yang berdalih mampu menghilangkan virus secara permanen dalam android milik Anda.

 

Namun nyatanya tidak sedikit aplikasi penghapus virus android ini malah mengandung virus yang siap disebarkan ketika si pemilik android menginstal aplikasi tersebut. Tentunya hal tersebut sangat merugikan bagi para pemilik android yang terinfeksi virus karena salah menginstal anti virus.

 

Yang pasti hal ini menjadi kekhawatiran tersendiri bagi para pemilik android yang telah terserang oleh virus. Namun rupanya ada beberapa solusi efektif yang bisa Anda gunakan sebagai penghapus virus android. Anda mungkin akan berfikir bahwa satu-satunya cara untuk menghilangkan virus yang ada di dalam sebuah smartphone yaitu dengan menggunakan aplikasi anti virus.

 

Penghapus virus android yang akan dibahas disini yaitu menggunakan cara praktis menghilangkan virus pada android tanpa menggunakan anti virus. Berikut ini yaitu ada 5 cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan virus tanpa harus menggunakan anti virus.

  1. Masuk kedalam Safe Mode
    Penghapus virus android yang pertama merupakan salah satu cara yang paling efektif karena android dapat beroperasi lebih ringan. Hal ini dikarenakan android hanya menjalankan aplikasi inti yang telah dibawa oleh sistem.Walaupun ketika Anda mengaktifkan Safe Mode beberapa aplikasi yang diinstal akan hilang, tetapi hal tersebut bukan berarti hilang selamanya, hal tersebut hanya bersifat sementara saat berada di Safe Mode.
  2. Cek aplikasi pada Safe Mode
    Lihat aplikasi yang terinstal saat dalam keadaan Safe Mode. Caranya dengan masuk ke Setting-Apps, kemudian pilih tab Downloaded. Setelah itu sistem akan menghapus semua aplikasi yang ada di pihak ketiga, tetapi virus juga termasuk dalam sistem sehingga virus tampak seperti aplikasi pada pihak ketiga.Dalam sistem tersebut virus tetap dapat menjalankan fungsi sistem. Untuk mengetahui jika android Anda terinfeksi virus yaitu dengan munculnya aplikasi asing yang belum Anda download sebelumnya.
  3. Hapus aplikasi mencurigakan
    Jika Anda menemukan aplikasi yang mencurigakan di dalamnya, dan merasa bahwa Anda belum pernah menginstal sebelumnya, yang bisa Anda lakukan yaitu klik aplikasi dan pilih Uninstall.Pada beberapa keadaan, Anda mungkin mendapatkan aplikasi asing di android yang tidak dapat di Uninstall. Hal ini terjadi karena aplikasi tersebut telah memberikan akses administrator.
  4. Hapus akses administrator aplikasi asing
    Saat Anda menemukan aplikasi mencurigakan tersebut tidak dapat dihapus. Yang harus Anda lakukan adalah menghapus akses administratornya, dengan cara keluar dari Application-Settings, lalu masuk ke Settings-Security-Device Administrator.Hilangkan administrator aplikasi yang mencurigakan tersebut. Kemudian lagi kembali ke Application Settings, periksa aplikasi mencurigakan tadi (yang seharusnya sudah bisa dihapus).
  5. Keluar Safe Mode
    Setelah Anda dapat menghapus aplikasi mencurigakan tersebut. Langkah terakhir yaitu keluar dari Safe Mode. Caranya dengan melakukan Restart seperti biasanya.

Itu dia penghapus virus android untuk menghilangkan virus di android tanpa harus menggunakan antivirus, mudah bukan? Semoga penjelasan mengenai penghapus virus android ini dapat bermanfaat bagi Anda.

 

One thought on “Cara Mudah Menghilangkan Virus Pada Android Tanpa Antivirus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.