Sejarah Panjang Teknologi Informasi dan Komunikasi
Sejarah Panjang Teknologi Informasi dan Komunikasi

Anda Harus Tahu! Ternyata Begini Sejarah Panjang Teknologi Informasi dan Komunikasi

Diposting pada

Anda Harus Tahu! Ternyata Begini Sejarah Panjang Teknologi Informasi dan Komunikasi – Bicara soal Teknologi Informasi dan Komunikasi, bukankah saat ini perkembangan teknologi mengalami perkembangan yang sangat pesat. Hal ini dibuktikan dengan bermunculannya teknologi-teknologi baru yang semakin modern dan maju.

Tahukah Anda, jika semakin majunya teknologi juga semakin mempermudah pekerjaan manusia di masa ini. Manusia menjadi lebih mudah untuk mengerjakan sesuatu dengan bantuan teknologi. Bahkan hampir seluruh perusahaan yang ada di dunia dalam pengelolaannya memanfaatkan hadirnya teknologi.

Tentunya Anda yang hidup di era ini tahu dan bahkan menjadi pemakai salah satu hasil perkembangan teknologi seperti laptop, android, dan masih banyak lainnya. Selama ini Anda hanya sebagai pengguna namun belum tahu bagaimana sejarah munculnya teknologi yang bisa dinikmati hingga saat ini.

Untuk Anda yang ingin tahu lebih dalam lagi mengenai Teknologi Informasi dan Komunikasi yang digunakan. Berikut ini akan dibahas secara mendalam apa itu yang namanya Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Apa itu Teknologi Informasi dan Komunikasi?

Apa itu Teknologi Informasi dan Komunikasi
Teknologi Informasi dan Komunikasi (ilustrasi/shutterstock)

Tentunya Anda sangat sering mendengar istilah Teknologi Informasi dan Komunikasi. Namun, sudah pahamkah Anda mengenai apa itu Teknologi Informasi dan Komunikasi. Secara umum, pengertian teknologi komunikasi adalah sebuah wadah atau tempat yang digunakan untuk menampung berbagai macam peralatan teknis yang dapat digunakan untuk menyampaikan berbagai macam informasi.

Berkaitan dengan hal tersebut, maka Teknologi Informasi dan Komunikasi dibagi menjadi dua hal yaitu teknologi komunikasi dan teknologi informasi. Kedua hal ini memiliki fungsi dan peranan masing-masing dalam kehidupan. Seperti halnya teknologi komunikasi yakni sebuah hubungan yang erat dimana membutuhkan alat bantu untuk melakukan transfer data ke perangkat yang lain.

Sedangkan Teknologi Informasi merupakan berbagai macam hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan alat, hingga memanipulasi sebuah hasil dari sebuah informasi. Menurut para ahli, pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi seperti yang ada di bawah ini.

Pakar Teknologi Informasi dan Komunikasi
Pakar Teknologi Informasi dan Komunikasi (ilustrasi/shutterstock)
  1. Susanto (Pakar Teknologi Informasi dan Komunikasi)
    Susanto merupakan salah satu tokoh yang berasal dari Indonesia. Dalam hal ini, Susanto mengatakan bahwa Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan sarana atau media yang digunakan untuk kebutuhan transfer file yang berupa informasi maupun data. Teknologi informasi juga dijadikan sebagai salah satu alat komunikasi searah dan dua arah.
  2. Anatta Sannai (Pakar Teknologi Informasi dan Komunikasi)
    Menurut Anatta Sannai, Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah suatu alat yang digunakan untuk mendapatkan informasi atau pengetahuan dari orang lain.
  3. Eric Deeson (Managing Information Technology)
    Menurut Deeson, Teknologi Informasi dan Komunikasi sudah menjadi suatu kebutuhan pokok manusia untuk proses mengambil, memindahkan, mengelola dan mendapatkan informasi dalam sebuah konteks yang akan memberikan keuntungan pribadi serta seluruh masyarakat.
  4. Puskur Dinas Indonesia
    Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah sebuah rangkaian struktur yang saling berkaitan antara satu sama lain. dimana berisi tentang aktivitas proses, kelola, manipulasi, kelola dan transfer data maupun informasi dari suatu media ke media lain.

Berdasarkan penelitian para tokoh-tokoh di atas menyebutkan bahwa Teknologi Informasi dan Komunikasi menjadi salah satu wadah yang berguna untuk memberikan informasi kepada orang lain.

Bagaimana Sejarah Perkembangan Teknologi Hingga Saat Ini?

Bagaimana Sejarah Perkembangan Teknologi Sejak Tahun 1990 Hingga Saat Ini
Sejarah Perkembangan Teknologi

Jika ditinjau dari sejarah perkembangannya, tentunya saat ini perkembangan teknologi sudah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya penemuan baru yang bermunculan salah satunya penemuan 4G yang baru-baru ini sangat booming. Tentunya penemuan tersebut tak luput dari perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang terus berkembang.

Awal perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi diawali sejak masa pra sejarah. Namun Teknologi Informasi dan Komunikasi semakin berkembang tepatnya sejak tahun 1990 hingga saat ini. Awal mula perkembangannya diawali dengan penggunaan teknologi dalam dunia bisnis pertama kali saat CERN memungut pajak untuk mengurangi biaya operasional.

Hingga tepatnya pada tahun 1992 terbentuklah sebuah komunitas yang memperkenalkan adanya Internet dengan diperkenalkan pula istilah WWW (World Wide Web) oleh CERN untuk pertama kalinya. Hingga akhirnya tepat pada tahun 1993, NSF juga membentuk sebuah komunitas dengan nama InterNIC yang bergerak pada jasa layanan internet yang menyangkut tentang penyimpanan data, direktori dan juga database.

Selain itu, komunitas ini juga memperkenalkan sebuah layanan dengan nama jasa registrasi yang dilakukan oleh Network Solution Inc, dan juga jasa informasi oleh general Atomics CERFnet. Pada tahun 1994 internet juga mengalami perkembangan yang sangat pesat dimana internet mulai merambah ke dalam kehidupan manusia.

Bahkan, internet ada tahun itu juga sudah menjadi salah satu bagian hidup dari manusia. Hingga pada tahun 1995, mulailah bermunculan berbagai perusahaan umum yang menjadi provider dengan membeli sebuah jaringan di Backbone.

Adanya hal ini berpengaruh terhadap perkembangan teknologi yang semakin maju. Bahkan ini juga menjadi tolak awal bagi para peneliti untuk melakukan penelitian terhadap perkembangan sistem dan juga alat informasi menjadi lebih canggih lagi.

Dari perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi inilah yang memunculkan berbagai penemuan-penemuan baru dalam bidang teknologi, sehingga teknologi saat ini bisa dinikmati oleh berbagai jenis kalangan dimanapun mereka berada.

Hal ini juga berpengaruh terhadap perkembangan teknologi diantaranya adalah perkembangan hardware, perkembangan sistem operasi. Perkembangan teknologi informasi bergerak/mobile, juga perkembangan teknologi pengolahan data. Untuk lebih jelasnya berikut ini akan dikupas lebih mendalam lagi di bawah ini.

Perkembangan Hardware Komputer
Perkembangan Hardware Komputer
  1. Perkembangan Hardware Komputer/Personal Komputer Hingga Muncul Notebook/Laptop dan PC Tablet
    Hardware yang digunakan saat ini termasuk dalam kategori komputer generasi keempat. Komputer ini ditemukan sejak tahun 1980 dimana pada saat itu dilakukan sebuah penelitian micro elektronik dimana pada penelitian ini telah berhasil menghasilkan sebuah sirkuit yang terpadu yang bisa disebut dengan chip.

    Chip sendiri memiliki bentuk yang sangat kecil dimana berbentuk segi empat silikon yang dibuat melalui sebuah proses yang bernama large scale integration. Dengan berkembangnya hal ini, kegunaan transistor mulai digantikan dengan chip sebagai salah satu bahan logika komputer.

    Micro komputer ini menjadi salah satu komponen yang terkecil dalam komputer digital hingga mulailah diproduksi Apple II. PC, NEC PC, IMB PC, hingga Sinclair. Lambat laun, sistem komputer juga selalu mengalami perkembangan baik pada program bahasa maupun sejenisnya. Hingga muncullah program bahasa komputer yang bisa digunakan seperti Pascal, BASIC, PL/1C dan juga pada saat ini mulai memperkenalkan logo.Awalnya komputer yang dibuat dengan menggunakan program bahasa “binary” yang berada di dalam ROM untuk jenis bahasa BASIC.Jenis bahasa ini juga termasuk dalam kategori bahasa yang paling populer yang digunakan oleh Micro komputer. Bahkan mulai adanya penambahan software yang diperkenalkan untuk mengatasi masalah. Hingga muncullah berbagai hardware generasi ke-empat seperti laptop, Notebook, PC tablet, Handheld, dan juga Palmtop.

    Munculnya komputer generasi keempat ini mempermudah penggunanya karena bentuknya yang lebih kecil serta lebih mudah untuk dibawa kemana-mana. Hal ini juga yang menjadikan sistem jaringan internet dan sistem jaringan komputer yang digunakan dalam bentuk protokol TCP/IP.

    Sistem jaringan ini juga dijadikan sebagai kemitraan informasi secara global.Sedangkan untuk processor yang digunakan adalah jenis processor AMD, celeron, Dual Core, Processor Intel Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium 4, Core2Duo, Core2Quad Pentium D, Processor Core i3, Intel Atom, Core i5 core i7 yang turut mewarnai perkembangan komputer hingga saat ini.

    Perkembangan Sistem Operasi Komputer
    Perkembangan Sistem Operasi Komputer (ilustrasi/Shutterstock)

     

  2. Perkembangan Sistem Operasi Komputer
    Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan sistem operasi? Bukankah Anda sudah sangat familiar dengan yang namanya sistem operasi dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan jika Anda menggunakan sebuah elektronikTernyata sistem operasi merupakan sebuah perangkat lunak komputer atau disebut dengan software yang berfungsi untuk mengontrol. Dan juga mengatur perangkat keras dan operasi sistem lainnya. Sistem operasi juga berfungsi untuk menjalankan program-program data yang ada pada komputer. Dalam bahasa Inggris, nama sistem operasi disebut dengan Operating System atau bisa disingkat OS.

    Fungsi dari sistem operasi sendiri yaitu untuk menghubungkan lapisan software dengan lapisan hardware dalam melakukan sebuah perintah yang ada pada komputer. Selain itu, adanya sistem operasi juga digunakan untuk menjamin semua aplikasi dapat berfungsi meskipun digunakan dalam waktu yang bersamaan.

    Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa fungsi sistem operasi secara umum yang harus Anda tahu.

    a. Resource Manager
    Fungsi sistem operasi yang satu ini digunakan untuk mengelola sumber daya serta mengalokasikannya. Contoh sistem operasi ini seperti Disk Drive, memori dan juga perangkat lainnya.

    b. Coordinator
    Fungsi sistem operasi ini digunakan untuk mengkoordinasi serta menyediakan berbagai visualitas sehingga semua aktivitas yang dilakukan komputer dapat diatur serta diproses dengan baik dan berurutan.

    c. Interface/Antar Muka
    Adanya sistem operasi juga berfungsi sebagai perantara yang bertugas untuk menghubungkan antara pengguna dengan perangkat keras. Hal ini juga yang akan membantu pengguna bisa memahami semua bentuk tampilan yang ada pada komputer.

    d. Gate Keeper
    Fungsi dari gate keeper adalah sebagai hak akses untuk mengendalikan siapa saja yang boleh mengakses sistem operasi. Selain itu, fungsi dari gate keeper juga untuk mengawasi jalannya sistem operasi yang dilakukan.

    e. Server
    Server dalam sistem operasi berguna untuk melayani setiap pengguna komuter.

    f. Optimizer
    Optimizer berguna untuk membahas jadwal input dari user, memproses komputasi dan juga penggunaan serta melakukan pengaksesan basis data.

    g. Accountant
    Fungsi dari accountant adalah mengatur waktu CPU, disk storage, memanggil I/O, menggunakan memori serta waktu koneksi maksimal.

    Bagaimana Sejarah Perkembangan Sistem Operasi?
    Berdasarkan perkembangannya, ternyata sistem operasi komputer mengalami perkembangan yang sangat pesat. Salah satu perkembangan yang sangat signifikan berlangsung antara tahun 1980 hingga tahun 2000 atau disebut juga dengan sistem operasi generasi keempat.

    Pada generasi ini adanya sistem operasi digunakan untuk mengetahui keadaan memakai dan juga komputer-komputer lain yang saling terhubung. Sistem operasi generasi keempat juga ditandai dengan bermunculannya komputer desktop dan juga komputer jaringan.

    Pada masa ini jaringan TPC atau IP sudah mulai digunakan secara luas baik dari kalangan peneliti, militer, perguruan tinggi bahkan hingga masyarakat umum. Hal ini juga yang memunculkan berbagai jenis sistem operasi dari DOS hingga Linux. Untuk lebih jelasnya, simak saja perkembangan sistem operasi di bawah ini.

    Pada tahun 1956. Sistem operasi komputer yang pertama kali digunakan adalah NAAI. Jenis sistem operasi yang satu ini pertama kali digunakan oleh General Motors pada sebuah komputer besar dengan nama IMB 704. Sayangnya, sistem operasi yang satu ini tidak cukup hebat jika dibandingkan dengan Batch Processing.

    Pada tahun 1969, muncullah sebuah sistem operasi modern untuk pertama kalinya dengan nama Unix. Jenis sistem operasi yang satu ini dikembangkan untuk pertama kalinya oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie dimana pada saat itu membutuhkan platform yang cepat untuk memainkan sebuah game dengan nama “Space Travel”.

    Tepat pada tahun 1973, muncul juga sebuah sistem operasi yang pertama kali menawarkan sebuah graphical interface dengan nama XeroX Alto. Sistem operasi yang satu ini digunakan untuk melakukan penelitian hingga tahun 1981.

    Pada tahun 190 juga Tim Aterson dan Seattle Computer menulis sebuah sistem operasi dengan nama QDOS yang membuat sistem operasi ini menjadi sangat terkenal pada zamannya. QDOS merupakan singkatan dari Quick and Dirty Operating System dimana sistem operasi ini mulai dipasarkan dengan nama 86-DOS dan dirancang untuk jenis processor Intel 8086.

    Tepat pada tahun 1981, IMB juga meluncurkan sebuah sistem operasi baru dengan nama PC DOS. PC DOS sendiri merupakan sebuah sistem operasi yang dibeli dari perusahaan Microsoft untuk jenis komputer yang berbasis Intel 8086.

    Pada saat ini Microsoft menggunakan sistem operasi ini dengan nama MS DOS hingga pada tahun 1983-1985 muncullah sistem operasi MS DOS 2.0 yang diluncurkan untuk jenis komputer PC XT. Selama selang waktu 3 tahun tersebut bermunculan pula berbagai jenis sistem operasi seperti sistem 1.0. MS DOS 3.0/ MS. Windows 1.0 dan juga Novell Netware.

    Hingga pada tahun 1991, muncullah sebuah sistem operasi dengan nama Linux 0.01. Sistem operasi yang satu ini dikembangkan oleh mahasiswa Helsinski yang bernama Linus Torvalds dan mahasiswa ini mengembangkan sistem operasi Unix dan sistem operasi Minix. Hal ini juga yang membuat sistem operasi ini diberi nama Linux.

    Selain Linux, muncul juga sistem operasi MS DOS 5.0 yang mana pada sistem operasi ini menambahkan sebuah fasilitas full screen editor undelete, Qbasic dan juga unformat. Semakin berkembangnya sistem operasi ini juga memunculkan sebuah sistem operasi Windows 3.1 untuk pertama kalinya ada tahun 1992.

    Pada tahun 1993, perusahaan Microsoft juga meluncurkan sistem operasi dengan anma Windows NT. Jenis sistem operasi yang satu ini adalah sistem operasi yang berbasis grafis tanpa menggunakan DOS di dalamnya. Hal ini juga yang menjadikan sistem operasi ini direncanakan sebagai salah satu sistem operasi untuk server jaringan.

    Tidak hanya Windows NT saja, namun pada tahun tersebut NCSA juga memperkenalkan sebuah Web Browser untuk internet untuk pertama kalinya. Bahkan pada tahun tersebut Microsoft juga memperkenalkan sebuah sistem operasi MS DOS 6.0 yang bisa diupgrade dimana sistem operasi ini mencakup kompresi harddisk DoubleSpace.

    Tahun-tahun berikutnya yaitu pada tahun 1994, Jims Gal yang merupakan mahasiswa dari sebuah Universitas yang bernama Universitas Wisconsis River Falls Development juga mengembangkan sebuah sistem operasi dengan nama FreeDOS.

    Dibuatnya FreeDOS ini berlangsung saat Microsoft menghentikan dukungannya terhadap sistem operasi DOS dan menggantinya dengan sistem operasi Windows 95. Hal ini juga yang memunculkan sistem operasi Windows 95 pada tahun 1995.

    Sistem operasi ini juga telah berhasil meluncurkan lagu Start Me Up dari sebuah Rolling Stones dan berhasil terjual lebih dari satu juta salinan hanya dalam waktu empat hari saja.

    Tidak sampai di situ saja, di tahun-tahun berikutnya sistem operasi terus mengalami perkembangan. Salah satunya yaitu pada tahun 1960 dimana pada tahun ini muncul sistem operasi Windows NT 4.0/ tidak sampai di situ saja, ada tahun 1997. Apple juga memperkenalkan sistem operasinya dengan nama Mac OS 7.6.

    Bahkan pada tahun 1998, muncul pula sebuah web browser Internet Explorer menjadi salah satu bagian yang penting bagi Windows 9. Bahkan hadirnya Internet Explorer juga turut menumbangkan adanya dominasi Netscape Navigator. Pada saat itu juga muncul sebuah Search Engine terbaik dimana server yang digunakan adalah Linux.

    Pada tahun 1999 juga Corel menciptakan Corell Draw dimana sebelumnya hanya menyediakan Word Perfect dalam versi Linux. Namun Sistem operasi yang berbasis Linux ini juga menciptakan Corel Linux dimana namanya diganti menjadi Xandros.

    Tahun 2000 sistem operasi juga terus mengalami perkembangan. Hal ini dibuktikan dengan munculnya berbagai jenis sistem operasi seperti MAC OS yang mesinnya diganti dengan BSD Unix.

    Tidak hanya itu saja, pada tahun tersebut Windows juga telah berhasil meluncurkan Windows 2000 yang digadang-gadang sebagai penerus dari Windows NT. Bahkan pada tahun yang sama Microsoft juga meluncurkan Windows Me dimana sistem operasi ini termasuk dalam versi terakhir dari OS Windows 95.

    Pada tahun 2001, Microsoft juga meluncurkan Windows XP dimana pada tahun berikutnya juga diikuti dengan peluncuran Open Source oleh Sub Microsystem. Bahkan Indonesia juga turut menyumbangkan sistem operasi berbasis Linux karya anak bangsa seperti Trystix Merdeka, RimbaLinux, WinBI, dan juga Komura.

    Tidak sampai di situ saja, perkembangan sistem operasi terus berlanjut hingga pada tahun 2003, Microsoft meluncurkan servernya dalam bentuk Windows server 2003. Disusul pula pada tahun 2004 diluncurkan sebuah Ubuntu dalam versi pertamanya yang ada di seluruh dunia.

    Untuk versi Ubuntu ini juga dibagi menjadi beberapa versi distro, diantaranya adalah Ubuntu (berbasis Gnome), Xubuntu (berbasis XFCE). Kubuntu (berbasis KDE, dan juga Ubuntu (berbasis pendidikan).

    Sejalan dengan hal tersebut, pada tahun 2005 juga telah terjadi sebuah penggabungan antara Mandrake dengan Conectiva sehingga berubah nama menjadi Mandriva. Hingga pada tahun 2006 Oracle juga turut membuat distro yang menggunakan Linux yang diberi nama Red Hat Enterprise.

    Sejak saat itu mulailah bermunculan distro-distro lokal, bahkan sebuah majalah CHIP turut memberikan pembahasan mengenai Windows yang tidak jauh ketinggalan dengan nama CHIPLux. CHIPLux inilah yang menjadi salah satu distro lokal yang mendistribusikan format DVD untuk pertama kalinya.

    Pada tahun 2007, Microsoft meluncurkan versi sistem operasi terbarunya dengan nama Windows Vista. Dalam Windows ini diperkenalkan sebuah fitur 3D desktop Aero Glass, Flip 3D dan SideBae. Hanya saja yang menjadi kekurangan dari Windows ini adalah harganya yang mahal serta hanya digunakan untuk komputer dengan spesifikasi yang tinggi saja.

    Tahun 2008. Linux kembali meluncurkan sistem operasi yang lebih ringan dibandingkan dengan Vista yang diberi nama 3D OS. Di Indonesia sendiri sistem operasi ini hadir dengan dikembangkan mua 3D OS oleh PC LINUX. Untuk versi sistem operasi ini juga bermacam-macam. Ada yang versi 3D OS untuk umum dan versi warnet dan game center Linux.

    Di tahun 2010, Microsoft kembali meluncurkan sistem operasi yang dinamakan dengan Windows 7. Sistem operasi ini dijadikan sebagai sistem operasi penyempurna dari sistem operasi sebelumnya. Bahkan saking sempurnanya, Windows 7 bisa dikatakan sebagai salah satu sistem operasi terbaik pada saat ini.

    Disusul ada tahun 2012, Microsoft kembali meluncurkan Windows 8 dimana sistem operasi ini menawarkan sebuah tampilan yang lebih menarik jika dibandingkan dengan Windows sebelumnya.

    Hingga pada tahun 2014 hingga 2015, Microsoft meluncurkan sebuah sistem operasi dengan nama Windows 10 yang dipasang pada komputer keluaran terbaru. Sistem operasi ini dijadikan sebagai sistem operasi terlengkap yang pernah ada. Windows 10 juga mulai diperkenalkan ke publik pada tangga 30 September 2014 dan dirilis pada tahun 2015.

    Dengan berkembangnya sistem operasi komputer ini juga turut berpengaruh terdapat perubahan processor dengan muncul dalam bentuk yang lebih mini. Biasanya prosessor ini bisa ditemukan pada TV, telepon seluler, Playstation, alat sensor dan peralatan hiburan lainnya.

  3. Perkembangan Teknologi Komunikasi Bergerak/Mobile
    Siapa sih yang tidak punya ponsel Android saat ini? Hampir semua orang di dunia ini sudah beralih ke android sebagai salah satu alat komunikasi. Tentunya hal ini karena kekreatifan pengelola perangkat Android yang memunculkan inovasi terbarunya untuk menciptakan teknologi yang lebih maju dan berkualitas.

    Namun, tahukah Anda bagaimana sejarah perkembangan teknologi komunikasi bergerak ini dari awal hingga munculnya perangkat Android? Tentunya perkembangan ini memiliki sejarah yang panjang dimulai dari generasi pertama yang disebut dengan 1G.Mau tahu bagaimana sejarah perkembangannya? Simak selengkapnya di bawah ini.

    a. Generasi Pertama (1G)
    Ini merupakan teknologi komunikasi bergerak pertama yang mulai diperkenalkan pada tahun 80an. Jenis teknologi komunikasi ini juga masih menggunakan sistem analog dalam penggunaanya. Adapun teknik komunikasi yang digunakan adalah FDMA (Frequency Division Multiple Access.

    Adanya teknik ini bisa digunakan untuk untuk membagikan alokasi frekuensi pada sebuah sel yang bisa digunakan pada masing-masing sel tersebut.Sehingga ketika Anda menggunakan sistem ini untuk berkomunikasi melalui proses pembicaraan, maka prinsip yang digunakan hampir sama dengan prinsip sebuah radio.b. Generasi Kedua (2G)
    GSM.

    GSM atau Global System for Mobile Communications merupakan generasi kedua yang menggeser keberadaan generasi pertama di tahun 1995. Di Indonesia sendiri ada dua operator yang mempelopori teknologi GSM yaitu PT. Telkomsel dan PT Satelindo sekarang berganti PT. Indosat.

    GSM sendiri merupakan sebuah teknologi komunikasi bergerak yang menggunakan teknologi digital dimana kecepatan yang dimiliki adalah untuk rendah hingga menengah. GSM juga memiliki beberapa kelebihan pada masanya seperti kapasitas yang lebih besar, layanan yang lebih beragam serta sistem security yang lebih baik.

    Adapun teknologi yang digunakan oleh GSM adalah FDMA (Frequency Division Multiple Access) dan RDMA (Time Devision Multiple Access). Kedua teknologi ini awalnya hanya bekerja pada frekuensi 800 Mhz saja. Bahkan teknologi ini juga dipelopori oleh ETSI (The European Telecommunication Standard Institute) .

    GSM juga menjadi salah satu jenis teknologi komunikasi bergerak yang paling banyak dipakai di dunia, salah satunya di Indonesia. Hal ini karena GSM memiliki keunggulan untuk raming yang luas yang bisa digunakan di berbagai belahan negara. Hal ini juga yang membuat GSM mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Bahkan, kecepatan yang dimiliki oleh GSM juga sangat kecil yakni 9.6 kbps.

    CDMA
    selain GSM teknologi bergerak generasi kedua adalah CDMA. CDMA (Code Division Multiple Access) adalah sebuah sebuah standar teknologi bergerak yang dikeluarkan oleh TIA (Telecommunication Industry Association) yang memiliki teknologi Direct Squence Spread Spectrum (DSSS) yang memiliki frekuensi radio sebesar 25 MHz dengan band Frekuensi 1800MHz. CDMA juga memiliki kecepatan akses data sekitar 153.6 kbps.

    Di Indonesia sendiri CDMA mulai banyak digunakan sejak tahun 2002.  Meskipun jika dilihat dari sisi teknologinya lebih baik CDMA dibandingkan dengan GSM. Namun, hadirnya CDMA ternyata tidak mempengaruhi jumlah pengguna GSM. Padahal ada beberapa keunggulan yang dimiliki oleh CDMA yang tidak dimiliki oleh GSM seperti kapasitasnya yang lebih besar, hasil suara yang lebih jernih, serta kemampuan untuk mengakses data yang lebih tinggi.

    Di Indonesia sendiri ada beberapa operator yang menggunakan teknologi CDMA seperti Indosat, StarOne, Mobile dengan nama Fren, Flexi, Esia dan masih banyak lainnya.

    c. Generasi 2.5 G dan 2.75G
    Pernahkah Anda mendengar istilah 2.5G? kebanyakan dari Anda mungkin tidak mengetahuinya. Ya, nama ini memang digunakan hanya untuk pemasaran saja. sebenarnya teknologi 2.5G merupakan sebuah teknologi komunikasi tingkatan dari teknologi 2G. Teknologi ini dijadikan sebagai penyempurna khususnya dalam hal aplikasi data.

    Salah satu teknologi yang ditawarkan oleh generasi ketiga ini adalah GPRS. Adapun protokol yang digunakan seperti EDGE untuk GSM dan CDMA2000-1x RTT untuk yang CDMA dan dapat dikualifikasikan dalam bentuk 3G.

    Teknologi 2.5 dan 2.75 juga bisa disebut dengan GPRS serta memiliki beberapa keunggulan seperti always online, an integral part of EDGE and CDMA, serta An Upgrade to Exiting networks.

    Sedangkan jika dilihat dari kelasnya, generasi ini dibagi menjadi 3 kelas yakni kelas A, kelas B, dan juga kelas C. Untuk kelas A yang berhubungan dengan jaringan GSM dan GPRS seperti suara dan SMS. sampai saat ini perangkat kelas A masih bisa digunakan.

    Sedangkan untuk kelas B adalah jaringan yang berhubungan dengan GSM dan GPRS namun keduanya tidak bisa digunakan dalam waktu yang bersamaan. Sedangkan untuk kelas C digunakan untuk jaringan GSM dan GPRS yang harus dilakukan secara bergantian dan tidak bisa dilakukan secara otomatis.

    d. Generasi 3G
    3G menjadi salah satu standar teknologi komunikasi bergerak seperti mobile phone. Berbeda dengan generasi sebelumnya, jaringan ada 3G menawarkan akses data yang lebih luas serta lebih cepat.

    Adapun kemampuan yang dimiliki oleh jaringan ini seperti komunikasi suara melalui nirkabel yang lebih luas, bisa digunakan untuk panggilan Video (Video calls) dan juga memiliki kecepatan nirkabel yang lebih tinggi yang bekerja dalam perangkat mobile.

    3G juga memiliki fasilitas tambahan seperti transmisi data HSA yang bisa digunakan untuk transfer data dengan kecepatannya hingga 14,4 Mbps dan bisa digunakan untuk download dengan kapasitas 5,8 Mbps.

    Adapun yang termasuk dalam teknologi generasi 3G ini seperti EDGE, W-CDMA, CDMA2000-1 x EV/DV, TD-CDMA, GAN, HSPA, HSPA+, FOMA, HSOPA, dan juga TD-SCDMA.

    e. Generasi 3.5 G dan 3.75G
    Bentuk teknologi ini merupakan peningkatan dari teknologi 3G tertanam pada bagian transfer data. Dengan adanya generasi ini memungkinkan Anda bisa mengakses internet dan video sharing. Adapun yang termasuk dalam kategori teknologi ini adalah HSDPA, dan juga WiBro.

    f. Generasi 4G
    Untuk Anda yang memiliki perangkat Android, tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan jaringan yang satu ini. 4G merupakan salah satu jaringan tertinggi yang digunakan pada saat ini. Jaringan ini juga disebut dengan beyond 3G karena kemampuannya dalam berevolusi dalam dunia komunikasi nirkabel.

    Kemampuan jaringan ini yang dapat bertindak sebagai platform pembuka dimana dari sinilah muncul berbagai inovasi baru yang terus menerus berkembang.

    Jaringan dari teknologi 4G juga mampu memberikan internet protocol (IP) yang lebih berkualitas dengan menyediakan suara, data serta streamed multimedia yang bisa digunakan kapan saja dan dimana saja. jenis jaringan ini juga memiliki kecepatan data yang jauh lebih tinggi dan lebih cepat jika dibandingkan dengan teknologi generasi sebelumnya.

    Teknologi komunikasi bergerak jaringan 4G sendiri biasanya digunakan oleh pengelola perangkat android seperti Smartphone dan juga iPhone. Kedua mobile seluler ini menjadi salah satu alat komunikasi yang paling banyak digunakan dan disukai oleh manusia modern saat ini.

    Dengan hadirnya jaringan 4G menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kualitas yang ditawarkan oleh teknologi khususnya pada bidang mobile.

    Perkembangan Teknologi pengolahan Data
    Perkembangan Teknologi pengolahan Data

     

  4. Perkembangan Teknologi pengolahan Data
    Pengolah data menjadi salah satu hal yang paling penting, bahkan saking pentingnya pengolah data banyak digunakan pada perusahaan-perusahaan besar. Adanya pengolah data digunakan sebagai salah satu cara untuk mempermudah dalam mengerjakan hal yang berkaitan dengan angka.Namun, tahukah Anda bagaimana sejarah berkembangnya pengolah data? Untuk Anda yang ingin tahu, berikut ini akan dijelaskan bagaimana perkembangan teknologi yang satu ini.

    Sebenarnya awal perkembangan teknologi pengolah data diawali pada tahun 1960 sejak awal penggunaan komputer. Pada masa itu, pengolahan data masing menggunakan cara yang tradisional.Hingga akhirnya perkembangan teknologi semakin maju dan berdampak pula pada perkembangan teknologi pengolah data sehingga memunculkan teknologi yang lebih mudah untuk mengakses data.

    Beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh teknologi pengolah data saat ini seperti fasilitas untuk memanipulasi data, recovery data, keamanan data, hingga kontrol konkurensi data yang bisa terhubung langsung dengan sebuah jaringan.

    Tentunya perkembangan ini juga diikuti dengan perkembangan perangkat lunak untuk aplikasi bisnis. Sebab pada tahun 1970 hingga awal tahun 1980, semua pengolahan data masih menggunakan cara yang tradisional. Berikut ini adalah beberapa teknologi pengolah data yang pernah digunakan untuk mengolah data.

    a. Data Warehousing
    Data warehousing merupakan sebuah teknologi pengolah data yang tugasnya mengumpulkan informasi dalam gudang penyimpanan dan juga merepresentasikan solusi pengaksesan data yang nonrelasional. Hal ini juga yang membuat data warehousing menjadi salah satu data base yang berorientasi pada subjek, time variant, terintegrasi serta non-volatile.

    Ada beberapa keuntungan yang didapatkan jika menggunakan data warehousing seperti hasilnya lebih tinggi. Mampu meningkatkan produktivitas perusahaan serta lebih kompetitif.

    b. Data Mart
    Selain data ware housing, ada juga data mart dimana pengolah data ini lebih sederhana jika dibandingkan dengan data warehousing. Data mart sendiri merupakan salah satu pengolah data atau database yang menjelaskan satu segmen operasi perusahaan dalam datanya. Contoh data ini seperti data mart sumber daya manusia, data pemasaran dan masih banyak lainnya.

    c. Data Mining
    Banyak orang yang menyebut data ware housing dan data mart dengan sebutan data mining. Data mining merupakan sebuah data yang digunakan untuk mencari hubungan antara data yang tidak diketahui oleh si pemakai.

    Dalam hal ini, data mining memiliki kemampuan untuk membantu pemakai untuk menemukan pengetahuan baru pada data base yang jika dilihat tidak ada. Biasanya jenis teknologi pengolahan data ini digunakan oleh bank untuk menawarkan reksadana kepada para pelanggannya.

    Di masa depan, data mining digadang-gadang mampu mengkombinasikan sebuah pendekatan hipotesis untuk menjawab masalah dalam penelitian. Tentunya al ini dilakukan dengan melakukan sebuah analisis yang canggih serta menggunakan data yang tepat.

    Hal ini dibuktikan sejak tahun 1960 dimana dunia komuter telah membuat sebuah aplikasi individu yang bisa digunakan pada file utama. Bahkan general Mili sudah mulai mengembangkan hal ini dengan sebutan fakta dan dimensi.

    Pada tahun 1970, IRI juga telah menyediakan database dimensi yang bisa dibeli secara eceran, bahkan database ini juga bisa disesuaikan dengan tahun serta kecocokan hardware yang dimiliki oleh pengguna. Di tahun 1983, DBMA juga memperkenalkan database untuk mengambil sebuah keputusan.

    Sedangkan pada tahun 1988, Barru dan Paul mulai mempublikasikan karyanya dalam bidang arsitektur bisnis dan juga sistem informasi. Di tahun 1990 juga dikenalkan sebuah tools DBMS sebagai salah satu alat data warehouse. Bahkan hingga saat ini sudah mulai bermunculan buku-buku yang membahas tentang data ware house serta aplikasi-aplikasinya.

    Ada beberapa tujuan mengapa orang memilih menggunakan data ware house. Ini karena data ware house mampu menyediakan data organisasi yang lebih mudah untuk diakses. Selain itu, data yang ada pada data ware house juga lebih bersifat kebenaran dan konsisten.

    Tidak hanya itu saja, untuk kualitas data yang dihasilkan juga bisa dipertanggungjawabkan dan tentunya bisa diandalkan. Bahkan data ware house menjadi salah satu tempat yang bisa digunakan untuk melakukan publikasi.

    d. ORDBMS (Object Relational Database Management System)
    ORDBMS merupakan sebuah teknologi pengolah daya yang berasal dari OODBMS. Namun hal ini mengalami perkembangan sehingga berubah menjadi ORBDMS. ORBDMS memiliki kemampuan untuk mendefinisikan data secara kompleks serta menspesialisasikan indeks untuk mengambil sebuah data. ORBDMS juga bisa digunakan untuk mengolah dimensional data sebanyak 2 sampai 3 kali.

    e. Active Database
    Active database atau sering disebut juga dengan istilah basis data aktif merupakan salah satu sistem basis data yang memiliki fungsi untuk menyimpan data sekaligus menambahkan even di dalamnya. Active database juga termasuk dalam gabungan antara database tradisional dan active rules. Hal inilah yang membuat active database semakin sempurna dan lebih fungsional.

    Apa Perbedaan Basis Data Aktif dengan Basis Data Pasif?
    Basis data pasif sering disebut juga dengan sistem pengolah data yang konvensional atau tradisional. Dalam hal ini pengguna dapat melakukan manipulasi daya dengan acara memberikan perintah langsung.

    Sedangkan aktif database atau basis data aktif merupakan sebuah pengolah data yang memiliki kemampuan yang bisa digunakan untuk mengontrol integrity constrain ada semua database yang sedang dijalankan. Sehingga, database ini juga bisa mendeteksi sekaligus mencari kejadian tertentu hanya melalui kode-kode yang relevan dalam sebuah program aplikasi.

    f. Big Data
    Dalam bidang bisnis, nama big data bukan lagi hal yang baru, big dat menjadi salah satu sistem pengolah data termutakhir saat ini. Tahukah Anda apa big data itu?

    Big data atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan sebutan Mahadata merupakan sebuah sistem pengolah data yang memiliki kapasitas yang besar rumit serta tak berstruktur.

    Kebanyakan orang jika menemukan data yang seperti itu, maka sudah malas terlebih dahulu untuk menanganinya. Apalagi jika ditangani dengan cara yang konvensional, maka hanya akan memakan waktu, tenaga dan pikiran saja. namun, dengan menggunakan Big data, segalanya dapat teratasi dengan mudah.

    Big data sendiri memiliki 3 karakteristik yang harus terpenuhi yakni volume (jumlah data yang besar, vilocity (aliran data yang cepat dan nyata), serta Variety memiliki bentuk format data yang beragam).

    Dengan ketiga karakteristik yang dimiliki inilah yang menjadikan big data dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang. Diantaranya adalah bidang bisnis, kesehatan, pemerintahan, pariwisata bahkan bidang kejahatan juga bisa.

    Adapun untuk mengambil data menggunakan big data, Anda bisa menggunakan beberapa tools seperti software Python, Gehy, NiFi, netlytics, dan juga Tableau.

    Jika sebuah organisasi dapat memanfaatkan big data dengan tepat, maka organisasi tersebut dapat memecahkan masalahnya sendiri tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar, waktu yang terbuang. Berikut ini akan dibahas mengenai tools big data yang bisa dipilih.

  • Gephi
    Gephi adalah salah satu perangkat lunak open-source yang bisa dimanfaatkan untuk analisis jaringan dan visualisasi. Adanya Gephi berguna untuk mempermudah melakukan analisis data dengan menggunakan pola dan tren.Gephi dapat menampilkan grafik real time dengan skala besar dengan menggunakan render engine 3D yang bisa digunakan untuk memperluas visualisasi dan analisis data.
  • Python
    Selain Gephi da lagi tools big data yang bisa digunakan yaitu python. Phyton merupakan tool bahasa pemrograman yang bisa digunakan pada sistem operasi Linux, Mac, Windows dan masih banyak lainnya.Python sendiri merupakan sebuah tools yang dibuat oleh Guido Van Rossu, yang merupakan keturunan Belanda.Tujuan dari tools ini adalah untuk memusatkan pada keterbacaan kode dalam hal memahami sintaks dimana sintaks sendiri berfungsi untuk mempercepat serta mempermudah program.Dengan menggunakan tools Python, para pengguna dapat melakukan pemuatan yang lebih dinamis seperti merekonstruksi, mengubah, atau bahkan memodifikasi data tanpa harus menghentikan modul phyton.
  • Netlytic
    Netlytic merupakan sebuah tool atau aplikasi web yang berguna untuk menganalisa visualisasi serta teks berbasis cloud dalam sebuah jaringan sosial. Kemampuan yang dimiliki oleh tools inilah yang sering kali dimanfaatkan untuk menvisualisasikan percakapan jaringan pada jejaring sosial seperti Twitter, komentar vlog, YouTube, obrolan hingga volume online.Dirancangnya Netlytic berguna untuk membantu peneliti dalam menemukan berbagai jenis informasi dalam jejaring sosial.
  • NiFi
    NiFi merupakan sebuah program yang dirancang khusus untuk mengotomatisasi aliran data pada yang terjadi antar sistem perangkat lunak. Yang dimaksud dengan aliran data di sini adalah aliran sistem informasi yang disusun secara otomatis dalam sebuah sistem.Dengan menggunakan NiFi, maka proses pengolahan data akan menjadi lebih mudah karena dibentuk dalam hasil yang lebih komprehensif dan lebih mudah untuk dikonsumsi.
  • Tableau
    Tableau merupakan sebuah program yang berfungsi untuk mengumpulkan., mengatur, menyimpan, serta menganalisis data mentah menjadi sebuah data yang lebih bernilai. Biasanya tools yang satu ini digunakan oleh Business Intelligent.Beberapa tools big data diatas bukankah sangat membantu dalam hal mengolah data dalam skala besar menjadi mudah untuk dikonsumsi. Selain itu, jenis sistem pengolah data ini juga lebih canggih, cepat dan akurat untuk digunakan dalam skala yang lebih besar.

Bagaimana? Bukankah perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi memiliki sejarah yang sangat panjang? Sebagai umat manusia seharusnya merasa beruntung karena dengan kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Anda menjadi lebih mudah dalam menemukan berbagai jenis informasi yang dibutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.