7 Model Raspberry Pi Yang Wajib Anda Ketahui

Diposting pada
Raspberry Pi
Raspberry Pi

7 Model Raspberry Pi Yang Wajib Anda KetahuiKecanggihan teknologi masa kini memang selalu memberikan berbagai macam kemudahan bagi pekerjaan manusia. Beragam inovasi pun kini banyak bermunculan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia yang sudah menuju ke arah yang lebih modern.
 
Tak hanya mampu memudahkan setiap pekerjaan manusia, namun rupanya hal yang satu ini telah banyak merubah sistem kehidupan manusia yang telah menjadi lebih praktis dan efektif. Ada banyak alat maupun perangkat yang telah sengaja diciptakan untuk membuat hidup manusia menjadi lebih mudah.
 
Satu dari sekian alat yang telah diciptakan yaitu Raspberry pi. Raspberry pi atau yang biasa disebut dengan raspi merupakan sebuah komputer yang berukuran kecil atau komputer papan tunggal (single board circuit; SBC). Ukuran dari Raspberry pi itu sendiri hampir serupa dengan ukuran kartu kredit.
 
Walaupun memiliki ukuran yang terbilang kecil, namun rupanya Raspberry pi itu sendiri memiliki banyak sekali kelebihan yang bisa Anda dapatkan. Raspberry pi bisa digunakan untuk menjalankan permainan komputer, program perkantoran, pemutar media sampai pemutar video dengan resolusi yang tinggi.
 
Penciptaan dari raspberry pi itu sendiri berdasarkan keinginan untuk menciptakan sebuah pemrogram generasi baru. Karena pemikiran tersebutlah yang mendorong para ilmuwan untuk menciptakan perangkat generasi baru yang satu ini.
 
Dilengkapi dengan berbagai macam kelebihan yang ada di dalamnya membuat Raspberry pi banyak digandrungi oleh sebagian besar pengguna komputer dan sejenisnya.  Selain dibekali dengan berbagai macam kelebihan yang mumpuni, rupanya raspberry pi itu sendiri terdiri dari beberapa jenis.
 
Sejak dirilis tahun 2012 hingga tahun 2015, raspberry pi telah memiliki 7 jenis model. Enam diantaranya dapat digunakan untuk semua orang secara umum, namun satu dari sisanya masih digunakan untuk tujuan pengembangan. Nah, berikut ini akan disajikan ketujuh model dari Raspberry pi yang telah dirilis hingga tahun 2015.

  1. Raspberry Pi dengan model A
    Merupakan perangkat yang paling dasar dimana hanya ada satu buah USB port serta SDRAM hingga 256MB. Tidak ada USB port ekstra pada model raspberry pi yang satu ini sehingga menggunakan konsumsi daya yang lebih kecil dari B/B+.
  2. Raspberry Pi dengan model A+
    Raspberry pi ini merupakan vari plus dari model A. Perangkat yang satu ini dilengkapi dengan 40 GPIO pin, 256MB SDRAM, satu buah USB board, tanpa Ethernet, form factor lebih kecil jika dibandingkan dengan model yang lain yaitu hanya memiliki panjang 65 mm.
  3. Raspberry Pi dengan model B
    Nah, untuk raspberry pi yang satu ini memiliki dua port USB serta RAM dengan kapasitas hingga 512 MB SDRAM. Hal ini berbeda pada raspberry pi model pertama yaitu hanya memiliki RAM sebesar 256 MB. Dua port USB yang dimiliki oleh model yang satu ini merupakan satu buah Ethernet dan satu buah port USB.
  4. Raspberry Pi dengan model B+
    Model yang dirilis pada juli 2014 ini rupanya merupakan pembaharuan dari revisi B. Mempunyai 4 USB port, 40 pin header, memiliki sirkuit power supply yang memungkinkan memerlukan daya yang besar pada perangkat USB saat digunakan untuk Raspberry mode hot-plugged.
  5. Model Compute Modul
    Untuk model yang satu ini hanya diperuntukkan dalam bidang industry. Dilengkapi dengan BCM2835, 4GB eMMc flash memori, form factor yang berukuran kecil, serta 512MB SDRAM.
  6. Raspberry Pi 2 dengan model B+
    Jenis raspberry pi ini menggunakan prosesor A 900MHz quad-core ARM Cortex-A7 CPU, 1GB RAM, 4 USB ports, 40 GPIO pins, Full HDMI port, Ethernet port, Combined 3.5mm audio jack and composite video, Camera interface (CSI), Display interface (DSI), Micro SD card slot dan VideoCore IV 3D graphics core.Karena menggunakan prosesor jenis ARMv7, maka model ini mampu menjalankan banyak distribusi sistem operasi berbasis ARM GNU/Linux seperti Raspbian yang berbasis Debian, Ubuntu Mate, OSMC, Windows 10 IoT Core, OpenElec, dan lain-lain.
  7. Raspberry Pi 3 dengan model B+
    Model ini menggunakan prosesor A 1.2GHz 64-bit quad-core ARMv8 CPU, mendukung 802.11n Wireless LAN sehingga kita tidak perlu lagi menggunakan tambahan modul USB Wireless LAN, sudah terintegrasi dengan Bluetooth 4.1 dan Bluetooth Low Energy (BLE).

 
Itu dia ketujuh jenis dari raspberry pi yang wajib Anda ketahui. Tentunya setiap model dari Raspberry pi yang telah dirilis pastinya memiliki kelebihan masing-masing.

One thought on “7 Model Raspberry Pi Yang Wajib Anda Ketahui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.