5 Langkah Mudah Mencegah Serangan Cyber Pada Perangkat Rumah yang Menggunakan Internet of Things

Diposting pada
Internet of Things
Internet of Things (ilustrasi)
5 Langkah Mudah Mencegah Serangan Cyber Pada Perangkat Rumah yang Menggunakan Internet of ThingsBerbicara mengenai teknologi informasi dan komunikasi memang tidak ada habisnya. Selalu saja ada terobosan baru yang membuat segala macam pekerjaan manusia menjadi lebih mudah serta praktis.

Di zaman yang sudah semodern ini kepraktisan menjadi hal utama yang banyak dituntut oleh sebagian besar orang. Bagaimana tidak? Kepraktisan dapat membuat orang menjadi lebih cepat serta mudah untuk menyelesaikan setiap pekerjaan mereka.

Dengan dituntutnya kepraktisan dalam era globalisasi yang satu ini, membuat para ilmuwan memutar otak untuk menciptakan sebuah alat atau perangkat yang akan memiliki banyak manfaat untuk kehidupan manusia. Dengan sengaja, para ilmuwan tersebut menciptakan sebuah inovasi terbaru demi memenuhi kebutuhan manusia.

Salah satu dari sekian inovasi yang telah dibuat ialah Internet of Things. Mungkin sebagian dari Anda belum mengetahui apa yang dimaksud dengan Internet of Things tersebut. Internet of Things merupakan sebuah konsep dasar yang digunakan untuk menghubungkan berbagai macam perangkat satu sama lain. Seperti, smartphone, kulkas, mesin cuci, microwave, TV, mobil, dan lain sebagainya.

Selain digunakan untuk menghubungkan berbagai macam peralatan sehari-hari, rupanya Internet of Things juga digunakan untuk menghubungkan berbagai macam komponen mesin. Seperti contoh yaitu untuk menghubungkan mesin jet pesawat terbang, mesin bor pertambangan dan yang lain sebagainya.

Beberapa alat baik itu peralatan rumah tangga atau mesin yang digunakan untuk berbagai macam pekerjaan akan menjadi lebih praktis jika menggunakan Internet of Things yang satu ini. Pada dasarnya, setiap alat yang memiliki saklar on off sangat berpotensi besar untuk dihubungkan dengan Internet of Things yang satu ini.

Akan ada banyak kelebihan yang bisa Anda dapatkan hanya dengan menggunakan Internet of Things ini dalam kehidupan sehari-hari. Namun, terlepas dari berbagai macam kelebihan yang dihadirkan oleh Internet of Things itu sendiri, rupanya Internet of Things juga memiliki dampak negative yang bisa dibilang cukup mengerikan.

Mungkin, tidak banyak orang yang mengetahui bahwa Internet of Things bisa saja menjadi pemicu serangan dari cuber dalam kurun waktu yang dekat. Hal ini pastinya menimbulkan kekhawatiran sendiri bagi para pengguna teknologi yang satu ini.

Namun, rupanya hal tersebut dapat teratasi jika Anda dapat melakukan pencegahan yang benar serta tepat agar bisa terhindar dari serangan cyber. Lalu pencegahan apa saja yang bisa Anda lakukan untuk menghindarkan perangkat Anda terserang hacker? Berikut jawabannya.

  1. Amankan perangkat yang terhubung dengan jaringan yang ada pada rumah Anda, sangat besar kemungkinan bahwa hal tersebut dapat dengan mudah diakses dengan menggunakan internet jadi sangat penting untuk diamankan.
  2. Anda harus memperhatikan pengaturan keamanan yang ada pada perangkat yang Anda beli. Ubahlah password yang sudah ada sebelumnya dengan menggunakan password yang hanya Anda yang mengetahuinya.
  3. Jangan gunakan password yang mudah ditebak secara umum seperti misalnya angka 123456789 ataupun password lainnya yang sangat mudah ditebak. Kombinasikan angka serta huruf sehingga dapat menghasilkan kata sandi yang kuat.
  4. Periksalah secara teratur apakah situs web produsen mengalami pembaruan software. Jika ditemukan kerentanan maka produsen akan melakukan patch dalam update baru ke software tersebut.
  5. Lakukanlah audit pada perangkat milik Anda untuk meminimalisir terjadinya serangan.

Pencegahan sebelum terjadi serangan sebenarnya hanya bisa dilakukan oleh diri kita sendiri. Maka dari itu, sangat dibutuhkan kewaspadaan kepada para pengguna Internet of Things. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.